Anak Siakkangan dan Anak Siampudan

ANAK SIAKKANGAN DAN ANAK SIAMPUDAN

Anak Siakkangan dan Anak Siampudan--
Siapa sangka orang batak ada gelar bagi anak-anaknya terutama bagi anaknya gelar tersebut memiliki arti yang sangat besar bagi keluarga. Dan saya akan menjelaskannya..

Anak Siakkangan
Gelar ini digunakan untuk anak pertama/sulung, anak pertama sangat berpengaruh bagi keluarga dimana Anak Siakkangan membawa nama baik keluarga, baik dalam adat Batak, marga maupun dalam karir keluarga kedepannya. Biasanya anak siakkangan ini mendapat banyak nasehat dari sanak saudara dikarenakan ia membawa nama marga. Kita tau Anak Pertama berpengaruh besar dalam nama keluarga. Biasanya Anak Siakkangan ini tipikal orang yang suka hal baru, pekerja keras, baik hati, dan selalu taat akan nasehat orang tua.

Anak Siampudan
Gelar ini digunakan untuk anak terakhir/bungsu, anak terakhir ini tidak sangat berpengaruh didalam keluarga dimana Anak Siampudan ini biasanya selalu dimanjakan oleh kedua orangtua, Biasanya anak bungsu ini hanya mendapat sedikit nasehat dari sanak keluarga. Biasanya tipikal anak Bungsu ini pemalas(dikarenakan dimanja oleh orangtua), selalu melawan nasehat orangtua,dan keras kepala.

Akan tetapi, Siakkangan dan Siampudan ini di dalam keluarga mereka saling bekerja sama untuk mengangkat nama marga mereka, walaupun si Siampudan pemalas. tetapi ia niat juga untuk mengangkat martabat keluarga mereka di adat batak--


Comments

Popular posts from this blog

Legenda Batu Gantung

Mengenal Pembuatan Ulos